Menangkap Nyamuk dengan Aplikasi Macromedia Flash

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menangkap nyamuk dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash atau Adobe Flash. Baik, berikut langkah-langkah membuatnya.

1. Buka program macromedia flash atau adobe flash (sama saja karena script yang digunakan masih action script 2.0)

2. Setting ukuran stage menjadi 800×600 pixel. Buat movie clip baru dengan memilih menu Insert > New Symbol. Beri nama nyamuk.

3. Pada editor movieclip, buatlah gambar nyamuk! gak usah ribet-ribet yang penting kelihatan kayak nyamuk.

4. Pada frame 2, buat blank keyframe baru (F7). lalu  gambarlah objek darah seperti di bawah ini.

5. Ubah gambar darah tadi menjadi movie clip dengan mengklik kanan pada objek pilih Convert to Symbol.

6. Pada frame 10, buat keyframe(F6) kemudian buka panel properties. Kemudian ubah color dengan alpha dengan persentase 0%.

7. Klik kanan ditengah frame lalu pilih Create Motion Tween.



8. Pada frame 1. Buka panel action kemudian beri perintah stop();

9. Keluar dari editor, lalu masukan movieclip nyamuk yang telah kita buat dari library ke stage dengan cara mendrag nya. Taruh movie clip nyamuk di luar area stage karena movieclip yang asli tidak kita gunakan.

10. Klik movie clip nyamuk kemudian buka panel action. Ketikan script di bawah ini.
//kondisi awal
onClipEvent(load) {
moveX=0;
moveY=0;
nyamukMati=0;
}
onClipEvent(enterFrame) {
//menentukan pergerakan acak pada nyamuk
acakMoveX=Math.floor(Math.random()*10);
acakMoveY=Math.floor(Math.random()*10);
if(nyamukMati==0)
{
if(acakMoveX<2) {
moveX =20;
}
else if(acakMoveX>6) {
moveX =-20;
}
if(acakMoveY<2) {
moveY =20;
}
else if(acakMoveY>6) {
moveY =-20;
}

if(this._y>600)
{
this._y=0;
}
else if(this._y<0)
{
this._y=600;
}
else if(this._x<0)
{
this._x=800;
}
else if(this._x>800)
{
this._x=0;
}
}
else
{
moveX=0;
moveY=0;
}
this._x +=moveX;
this._y +=moveY;

//menghapus movieclip nyamuk yang mati
if(this._currentframe==10)
{
removeMovieClip(this);
}
}
//kondisi saat nyamuk terpukul raket
onClipEvent(mouseDown)
{
if(this.hitTest(_root.raket.area)&&this._currentframe==1)
{
this.play();
nyamukMati=1;
}
}

11. Buka panel properties, kemudian pada kolom instance name beri nama nyamuk

12. Selanjutnya, buat movie clip baru dengan nama raket.

13. Buatlah 3 buah keyframe dan pada masing-masing frame gambarkan sebuah raket dengan bentuk berbeda-beda seperti dibawah ini.

Langkah di atas di maksudkan untuk animasi raket saat tombol mouse ditekan.

14. Seleksi gambar raket pada frame 1 dengan Selection Tool (V) tetapi tidak dengan pegangan raket. Lihat gambar dibawah.

15. Setelah diseleksi, ubah menjadi movieclip. Pada properties, beri nama area  pada instance name.

16. Pada frame 1, beri perintah stop();

17. Keluar dari editor, masukan movie clip raket ke stage kemudian beri action script dibawah ini:
//menghilangkan pointer window
onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}
//mengganti pergerakan pointer dengan raket
onClipEvent(enterFrame) {
startDrag(this, true);
updateAfterEvent();
}
//animasi raket saat tombol mouse ditekan
onClipEvent(mouseDown) {
this.play();
}
Lalu, buka panel propertise, beri nama instance “raket”

18. Langkah terakhir, pada frame 1 main movie ketikan script berikut:
//memperbanyak  movieclip nyamuk
for(i=0;i<10;i++)
{
duplicateMovieClip(_root.nyamuk,”nyamuk”+i,i);
_root[“nyamuk”+i]._x=Math.random()*800;
_root[“nyamuk”+i]._y=Math.random()*600;
}
//menyembunyikan movieclip nyamuk yang asli
_root.nyamuk._visible=0;

19. Jalankan movie (CTRL+ENTER).

 

Unduh berkas:

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s