Sekilas Tentang Terminal

Screenshot from 2016-02-23 14:34:21

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi seputar salah satu aplikasi keren yang ada di linux, yaitu Terminal. Selain itu juga, saya juga akan memberikan penjelasan tentang beberapa kelebihan yang ada di linux. Penasaran kan ?, oke, let’s check it out ya…

Terminal
Mungkin bagi user yang pertama kali mendengar kata Terminal mengkaitkan dengan Terminal untuk tempat pemberhentian bis :D. Tentu saja bukan Terminal tersebut yang saya maksud, Terminal yang saya maksud disini adalah aplikasi CLI bawaan linux yang sudah terpasang saat kita memasang OS linux. Penyebutan Terminal di setiap OS linux berbeda-beda tergantung distro dan DE-nya. Contohnya distro Ubuntu yang DE-nya adalah Unity, penyebutan Terminal yaitu Terminal, ada juga yang DE-nya KDE, seperti Linux Mint KDE dan Kubuntu penyebutan terminal yaitu Konsole dan ada juga yang menyebutnya Xterm, Console dan sebagainya, yang semuanya merujuk kepada aplikasi Terminal di linux. Aplikasi Terminal sangat dibutuhkan bagi pengguna OS linux dikarenakan sangat powerfull dan efisien bagi sebagian kalangan user linux. Aplikasi Terminal di linux memiliki banyak kelebihan dibandingkan CMD pada OS Windows. Kelebihan-kelebihan pada Terminal adalah sebagai berikut.

  1. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk memasang paket-paket instalasi yang kita butuhkan di linux disamping memasang aplikasi lewat GUI seperti Software Center atau Synaptic Package Manager.
  2. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk menghapus paket-paket instalasi yang kita butuhkan di linux disamping memasang aplikasi lewat GUI seperti Software Center atau Synaptic Package Manager.
  3. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk memonitor jaringan saat kita terhubung ke internet.
  4. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk membuat foleder baru dan menghapus folder yang telah kita buat.
  5. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk menjadi text editor berbasi text. Contoh text editor berbasis text adalah vi, vim, nano dsb.
  6. Aplikasi Terminal digunakan untuk memperbaharui software-software yang baru dan sudah kita pasang di OS linux.
  7. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk melihat versi OS linux yang sedang kita gunakan.
  8. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk menonton video di Linux.
  9. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk menampilkan teks ke dalam gambar ASCII.
  10. Aplikasi Terminal dapat digunakan untuk menampilkan informasi tentang OS yang kita gunakan, seperti nama OS, kernel, hostname, penggunaan RAM dan disk

Mungkin itu saja informasi sekilas seputar Terminal di linux. Semoga bermanfaat :D.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s